Minggu, 07 April 2013

Rumusan Tujuan Pembelajaran ABCD

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Format ABCD
Hamzah B. Uno (2008) mengemukakan tentang teknis penyusunan tujuan pembelajaran dalam format ABCD.
A = Audience (petatar, siswa, mahasiswa, murid dan sasaran didik lainnya), adalah pelaku yang menjadi kelompok sasaran pembelajaran, yaitu siswa. Dalam TPK harus dijelaskan siapa siswa yang mengikuti pelajaran itu. Keterangan mengenai kelompok siswa yang akan manjadi kelompok sasaran pembelajaran diusahakan sespesifik mungkin. Misalnya, siswa jenjang sekolah apa, kelas berapa, semester berapa, dan bahkan klasifikasi pengelompokan siswa tertentu. Batasan yang spesifik ini penting artinya agar sejak awal mereka yang tidak termasuk dalam batasan tersebut sadar bahwa bahan pembelajaran yang dirumuskan atas dasar TPK itu belum tentu sesuai bagi mereka.
Mungkin bahan pembelajarannya terlalu mudah, terlalu sulit. Atau tidak sesuai dengan kebutuhannya. Dalam pembelajaran berwawasan gender, penyebutan siswa perempuan dan siswa laki-laki alam TPK kadangkadang ditekankan, terutama jika jenis perilaku yang menjadi target belajar bagi kedua jenis kelamin dibedakan levelnya, misalnya dalam pelajaran olahraga. Begitu pula, dalam pembelajaran terhadap kelas yang dibagi atas beberapa kelompok yang bahan pembelajarannya diklasifikasi atas dasar kemampuan individu siswa, maka penyebutan klasifikasi siswa tersebut juga perlu tercantum pada TPK masing-masing.
B = Behavior (perilaku yang dapat diamati sebagai hasil belajar), adalah perilaku spesifik khusus yang diharapkan dilakukan siswa setelah selesai mengikuti proses pembelajaran. Perilaku ini terdiri atas dua bagian penting, yaitu kata kerja dan objek. Kata kerja menunjukkan bagaimana siswa mempertunjukkan sesuatu, seperti: menyebutkan, menganalisis, menyusun, dan sebagainya. Objek menunjukkan pada apa yang akan dipertunjukkan itu, misalnya contoh kalimat pasif, kesalahan tanda baca dalam kalimat, karangan berdasarkan gambar seri, dsb. Komponen perilaku dalam TPK adalah tulung punggung TPK secara keselutuhan. Tanpa perilaku yang jelas, komponen yang lain menjadi tidak bermakna.
C = Condition (persyaratan yang perlu dipenuhi agar perilaku yang diharapkan dapat tercapai, adalah kondisi yang dijadikan syarat atau alat yang digunakan pada saat siswa diuji kinerja belajarnya. TPK yang baik di samping memuat unsur penyebutan audiens (siswa sebagai sasaran belajar) dan perilaku, hendaknya pula mengandung unsur yang memberi petunjuk kepada penyusun tes mengenai kondisi atau dalam keadaan bagaimana siswa diharapkan mempertunjukkan perilaku yang dikehendaki pada saat diuji.
D = Degree (tingkat penampilan yang dapat diterima), adalah derajat atau tingkatan keberhasilan yang ditargetkan harus dicapai siswa dalam mempertunjukkan perilaku hasil belajar. Target perilaku yang diharapkan dapat berupa: melakukan tanpa salah, dalam batas waktu tertentu, pada ketinggian tertentu, atau ukuran tingkatan keberhasilan lainnya. Tingkat keberhasilan ditunjukkan dengan batas minimal dari penampilan suatu perilaku yang dianggap dapat diterima. Di bawah batas itu, siswa dianggap belum mencapai tujuan pembelajaran khusus yang telah ditetapkan.
B.     Format ABCD Untuk Menulis Tujuan Pembelajaran
Untuk menuliskan tujuan pembelajaran, tata bahasa merupakan unsur yang perlu diperhatikan. Sebab dari tujuan pembelajaran tersebut dapat dilihat konsep atau proses berfikir seseorang dalam menuangkan ide-idenya.
Sehubungan dengan teknis penulisan tersebut, ada seorang penganjur bahwa dalam menulis tujuan pembelajaran sebaiknya dinyatakan dengan jelas, artinya tanpa diberi penjelasan tambahan apapun, pembaca (guru atau siswa) sudah dapat menangkap maksudnya.
Menurut Mager tujuan pembelajaran sebaiknya mencakup tiga elemen utama, yakni:
1.      Menyatakan apa yang seharusnya dapat dikerjakan siswa selama belajar dan kemampuan apa yang sebaiknya dikuasainya pada akhir pelajaran.
2.      Perlu dinyatakan kondisi dan hambatan yang ada pada saat mendemonstrasikan perilaku tersebut.
3.      Perlu ada petunjuk yang jelas tentang standar penampilan minimum yang dapat diterima.
Berdasarkan pada uraian dan elemen tersebut, tujuan pembelajaran sebaiknya dinyatakan dalam bentuk ABCD format, artinya:
Ø  A = Audience (petatar, siswa, mahasiswa, murid, dan sasaran didik lainnya)
Ø  B = Behaviour (perilaku yang dapat diamati sebagai hasil belajar)
Ø  C = Condition (persyaratan yang harus dipenuhi agar perilaku yang diharapkan dapat tercapai
Ø  D = Degree (tingkat penampilan yang dapat diterima)
Tujuan pembelajaran merupakan aspek yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan pembelajaran. Sebab segala kegiatan pembelajaran muaran pada pencapaian tujuan tersebut. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk kompetensi, yakni kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta ajar. Kompetensi yang harus dicapai dirumuskan dalam bentuk perubahan perilaku yang terukur yang selanjutnya dinamakan objective. Perubahan perilaku sebagai objective dikembangkan oleh Merger dalam format ABCD, yaitu Audience (siapa yang memiliki kemampuan), Behavior  (perilaku yang bagaimana yang diharapkan dapat dimiliki), Condition (Dalam kondisi dan situasi yang bagaimana subjek dapat menunjukkan kemampuan sebagai hasil belajar yang telah diperolehnya), Degree (kualitas dan kuantitas tingkah laku yang diharapkan dicapai sebagai batas minimal). Bentuk rumusan dapat dilihat dalam contoh berikut ini. Disampaikan tentang Teknik presentasi  dengan power point (C), diharapkan peserta belajar (A), dapat mengoperasikan (B), tools dalam power point dengan tepat sesuai dengan fungsinya (D). dalam rumusan tujuan pembelajaran diatas, yakni dapat mengoperasikan. Perilaku tersebut merupakan perilaku yang terukur yang dapat diobservasi. Kata mengoperasikan merupakan perilaku yang spesifik atau yang kita sebut dengan kompetensi. Oleh karena tujuan pembelajaran atau kompetensi merupakan tujuan pembelajaran yang harus dicapai, maka disainer pembelajaran harus segera merumuskan item tes sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan. Perumusan tes setelah perumusan tujuan bukan hanya berguna dalam menentukan indikator keberhasilan, akan tetapi juga berfungsi untuk mengecek ketepatan rumusan tujuan.

C.    Cara merumuskan tujuan.
Format perumusan tujuan yang berupa kalimat sempurna itu hendaknya memuat komponen-komponen yang disyaratkan dalam perumusan tujuan yang baik. Komponen-komponen yang di maksud menurut Baker (1971), (nurgiyantoro 1986) adalah berupa empat criteria yang diwujudkan dalam ABCD. A (Audience, sasaran), berupa kejelasan siapa yang belajar. B (Behavior, tingkah laku) berupa kemampuan dan keterampilan siswa yang dapat diamati setelah berakhirnya peristiwa belajar. C (Conditions, syarat) adalah keadaan yang ada sewaktu dilakukan penilaian. Dan D ( Degree, ukuran) adalah ukuran yang menunjukkan bahwa siswa telah dapat mencapai tujuan. Berikut diberikan contoh penyusunan tujuan khusus yang memuat keempat criteria tersebut.
1.      Setelah berakhirnya kegiatan belajar mengajar,  siswa SMA kelas I
                                 C                                                      A
 dapat menjawab soal Matematika  secara tepat.
                                        B                                      D

2.      Siswa kelas II dapat mengidentifikasikan masalah inflasi dengan benar
A                                              B                                        D
setelah membaca dari situs internet
C
Perumusan tujuan secara tepat memerlukan kemampuan kita untuk  memilih kata-kata kerja yang operasional. Hal ini bukanlah suatu pekerjaan mudah seperti yang dibayangkan orang. Adakalanya kata-kata kerja yang dianggap sudah cukup oprasional ternyata masih abstrak, dan hal itu akan ketahuan setelah disusun alat penilaiannya.




















DAFTAR PUSTAKA

Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, 2006, Jakarta: Bumi Aksara.
Ismawati Esti, Perencanaan Pengajaran Bahasa, 2012, Yogyakarta: Ombak.


5 komentar:

  1. Mantaff gan. Makasih atas postingannya, jadi bisa belajar lebih baik... Makasih sekali lagi gan..!! (Lanjutkan)

    BalasHapus
  2. Tolong contoh merumuskan tujuan pendidikan harus lebih spedifik oprasionaistis adanya, namun demikin hal ini udah bagus

    BalasHapus